12 Jenis Emas Investasi Yang Bisa Anda Pelajari

Kontrak Emas Berjangka
Dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi, emas dapat diperjualbelikan sebagai komoditas di pasar perdagangan berjangka (futures trading). Seseorang tidak perlu memegang fisik emas, tetapi hanya perlu memiliki bukti administrasi kepemilikan.

DS/MLM Emas
Investasi emas dapat ditempuh melalui jaringan perusahaan “penjualan langsung” (direct selling/DS) dan “penjualan berjenjang” (multilevel marketing/MLM). Sayangnya, di Indonesia kebanyakan perusahaan yang mempraktikkan cara tersebut tergolong perusahaan DS/MLM palsu yang menggunakan modus penggandaan uang

Reksa Dana Emas
Reksa Dana Emas merupakan alternatif investasi emas di mana seseorang tetap dapat memetik keuntungan tanpa harus menyimpan emas fisik. Reksa Dana Emas tidak hanya ditanamkan pada perdagangan emas fisik, namun juga dilibatkan dalam transaksi saham perusahaan pertambangan emas.

ETF Emas
Exchande Trade Fund (ETF) merupakan jenis reksa dana yang sahamnya dapat diperdagangkan di bursa efek (pasar modal). ETF sejatinya sama dengan reksa dana, tetapi ETF memiliki sedikit perbedaan di mana transaksi jual beli ETF dengan reksa dana berbasis emas melalui lantai bursa.

Dinas Emas
Dinar Emas cocok dijadikan sarana investasi karena tahan terhadap inflasi sehingga nilai intrinsiknya tidak menyusut. Di Indonesia, Dinar Emas diproduksi UBPP Logam Mulia PT Aneka Tambang yang telah memiliki kualitas standar internasional dan telah disertifikasi LBMA.

Emas Kuno
Umumnya, emas kuno berbentuk koin yang telah berumur ratusan hingga ribuan tahun. Emas kuno memiliki harga jual tinggi karena memiliki nilai sejarah sehingga sangat baik jika dijadikan koleksi dan sarana investasi.

Emas Lokal
Emas lokal merupakan emas yang proses pemurniannya dilakukan oleh industri-industri kecil atau industri rumah tangga di suatu daerah. Karena itu, harga emas lokal di masing-masing daerah tidak sama, bergantung pada tingkat kemurniannya.

Materi diambil dari Buku Pintar Investasi & Gadai Emas terbitan Gramedia

  ©Investasi Emas - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Papih DuL | Topo