pertanyaan investasi emas batangan antam

Langsung aja ya Pak. Setelah saya membaca jawaban pertanyaan tentang investasi emas koin/ batangan di CyberShopping, saya tertarik untuk ikut menabung dalam bentuk emas. Tapi yang ingin saya tanyakan, lebih menguntungkan mana antara menabung dengan koin emas, emas batangan atau perhiasan (kalung, cincin, gelang). Atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Eka — Jakarta

Jawaban:

Memang benar, saat ini sangat banyak cara untuk menabung. Mulai dari yang paling mudah yaitu menabung ditabungan dengan return atau pengembalian yang tidak terlalu signifikan sampai dengan menabung dengan cara investasi yang pastinya akan mendapatkan tingkat pengembalian yang sangat tinggi. Namun ada juga yang menarik, yaitu menabung dengan menggunakan koin emas atau emas batangan.

Kedua sarana ini dapat dilakukan, baik koin emas maupun emas batangan. Tapi saat ini, koin emas agaknya sudah sukar atau bahkan sudah tidak ada lagi dipasaran, yang ada hanyalah emas batangan. Mana yang lebih menguntungakan menabung dengan emas batangan atau dengan perhiasan? Jelas lebih menguntungkan dengan emas batangan. Mengapa? karena emas batangan masih dalam bentuk yang belum diolah, jadi nilainya ketika anda beli dan jual tidak akan mengalami penurunan nilai.

Sebaliknya, perhiasan akan mengalami penurunan nilai, karena perhiasan mungkin pada saat anda beli modelnya sangat indah, tapi 10 tahun kedepan, mungkin modelnya sudah tidak up to date lagi. Sehingga perhiasaan mengalami penurunan nilai yang disebabkan antara lain oleh model yang sudah tidak up to date lagi, kemudian karena perhiasaan biasanya dipakai maka akan berkurang kualitas emasnya mungkin jadi agak kusam.

Dan juga, apabila anda menabung dengan menggunakan emas ini, jangan lupa untuk menyimpan dengan hati-hati bukti pembelian atau sertifikat atas emas yang anda beli tersebut, karena apabila pada saatnya nanti anda ingin menggadaikan atau menjual emas tersebut, maka surat pembelian atau sertifikat emas harus dapat anda sertakan agar nilai jual kembali emas tidak turun.

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan

  ©Investasi Emas - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Papih DuL | Topo