Emas putih Versus platina

Selama banyak yang mengatakan kalo emas putih en platina tu sama, hanya namanya yang berbeda. Faktanya, emas putih adalah emas yang dicampur logam laen yang berwarna keputihan, seperti: nikel, perak, atau palladium. Sedangkan platina adalah logam dengan simbol kimia Pt, jadi jelaslah beda antara emas putih dan platina.

Platina agak keras, sehingga susah untuk dibentuk. Karena tingkat kesulitan pembuatannya menjadi perhiasan, harga platina lebih mahal dibandingkan emas putih (bisa 2x lipat atau lebih). Emas putih sendiri lama kelamaan warnanya akan memudar menjadi kuning karena emas putih didominasi oleh emas (Au) 75% dan 15 % logam laen sebagai pewarna putih. Agar warna putihnya tetap bertahan, biasanya ditambahkan Rhodamin, tapi hal ini harus secara berkala dilakukan.

Banyak tukang perhiasan yang belum paham kalo emas putih tu != platina. Jadi hati2lah dalam membeli. Selain itu, banyak yang mempertanyakan kehalalan emas putih bagi pria. Dari berbagai sumber yang saya baca, karena emas putih merupakan emas yang dicampur logam lain, jadi statusnya tetap haram untuk pria. Kalo platina halal bagi lelaki. Bagaimanapun yang terpilih tetap perak bagi orang lelaki, kerana ia adalah sunnah Nabi SAW juga.

  ©Investasi Emas - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Papih DuL | Topo